Fisika Aja!

Disini gw pengen sedikit sharing nih tentang FISIKA. OK, Cekidot..

 

FISIKA?

FISIKA adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas, FISIKA mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. FISIKA juga dapat dikatakan ilmu yang mempelajari aspek-aspek alam yang dapat dipahami dengan dasar-dasar pengertian terhadap prinsip-prinsip dan hukum-hukum elemennya. Para fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang beragam, muali dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

 

Fisika teoretis dan eksperimental

Budaya penelitian FISIKA beda ama ilmu lainnya karena adanya pemisahan antara teori dan eksperimen. Gampangnya, teoris berusaha ngembangin teori yang dapat ngejelasin hasil eksperimen yang udah dicoba dan bisa memperkirakan hasil eksperimen yang akan datang. Sementara itu, eksperimentalis menyusun dan melaksanakan eksperimen untuk menguji perkiraan teoretis. Meskipun teori dan eksperimen dikembangin secara terpisah, mereka saling bergantung. Kemajuan dalam FISIKA biasanya muncul ketika eksperimentalis membuat penemuan yang tak dapat dijelaskan ama teori yang ada, sehingga ngharusin dirumuskannya teori-teori baru. Tanpa eksperimen, penelitian teoretis sering berjalan ke arah yang salah. Salah satu contohnya adalah teori-M, teori populer dalam fisika energi-tinggi. pada teori ini, eksperimen untuk mengujinya belum pernah disusun.

 

Teori fisika utama

Meskipun FISIKA membahas beraneka ragam sistem, ada beberapa teori yang digunakan secara keseluruhan dalam fisika, bukan di satu bidang saja. Setiap teori ini diyakini benar adanya, dalam wilayah kesahihan tertentu. Contohnya, teori mekanika klasik dapat menjelaskan pergerakan benda dengan tepat, asalkan benda ini lebih besar daripada atom dan bergerak dengan kecepatan jauh lebih lambat daripada kecepatan cahaya.

 

Bidang utama dalam fisika

Riset dalam FISIKA dibagi beberapa bidang yang mempelajari aspek yang berbeda dari dunia materi. Fisika benda kondensi, diperkirakan sebagai bidang FISIKA terbesar, mempelajari properti benda besar, seperti benda padat dan cairan yang kita temui setiap hari, yang berasal dari properti dan interaksi mutual dari atom. Bidang Fisika atomik, molekul dan optik berhadapan dengan individual atom dan molekul, dan cara mereka menyerap dan mengeluarkan cahaya. Bidang Fisika partikel, juga dikenal sebagai “Fisika energi-tinggi”, mempelajari properti partikel super kecil yang jauh lebih kecil dari atom, termasuk partikel dasar yang membentuk benda lainnya. Terakhir, bidang Astrofisika menerapkan hukum fisika untuk menjelaskan fenomena astronomi dan kosmologi, berkisar dari matahari dan objek lainnya dalam tata surya ke jagad raya secara keseluruhan.

 

Bidang yang berhubungan

Ada banyak area riset yang mencampur fisika dengan bidang lainnya. Contohnya, bidang biofisika yang mengkhususkan ke peranan prinsip fisika dalam sistem biologi, dan bidang kimia kuantum yang mempelajari gimana teori kuantum mekanik memberi peningkatan terhadap sifat kimia dari atom dan molekul.

 

Kenapa FISIKA?

Nah, kenapa FISIKA? Bayangin aja, lo hidup di alam semesta ini terikat banget ama yang namanya hukum-hukum FISIKA, jadi gak ada ruginya juga kan belajar FISIKA? justru lo bisa manfaatin ilmu tersebut buat mengenal lingkungan dan alam semesta.. sip? Keren lagi kalo lo bisa menguasai FISIKA. Nah lhoh, kenapa kok keren? Bisa dibilang keren kalo lo bisa menguasai rajanya ilmu pengetahuan yaitu FISIKA. gak cuma itu, FISIKA juga mendasari ilmu pengetahuan lainnya. Selama lo jago fisika, automatis lo juga bakal jago matematika, kimia, astronomi, biologi, ekonomi, geologi, IT dan cabang ilmu lainnya. Kenapa bisa gitu? Jadi, saat mempelajari FISIKA, kemampuan lo seperti logika, analogis, analisis matematis (umum digunakan di semua cabang ilmu pengetahuan), analisis fisis(umumnya juga digunakan pada cabang2 ilmu pengetahuan tertentu), istilah ilmiah (baik biologi, kimia, kosmologi, geologi, dsb), eksperimentalis, teoritis, abstraksi dan imajinasi (di FISIKA lebih ekspert dan luas), bakal semakin kuat (itu kalo lo serius). Kalo lo bener2 serius mempelajarinya, lo bakal tau asyiknya FISIKA.🙂

 

Mulai dari mana?

Gimana cara belajar FISIKA biar berasa asyik? Untuk lo yang masih newbie atau awam di bidang FISIKA, gw saranin lo paham konsep matematika terlebih dahulu karena teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan biasanya lebih rumit daripada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya. terus,, untuk mudah memahami dan mempelajari fisika lebih lanjut, perlu lo kuasai ini:

  1. besaran dan vektor,
  2. konsep dan hukum dalam fisika,
  3. konsep sama dengan “=” dan persamaan fisika,
  4. hubungan antar besaran,
  5. jangan malas untuk mempelajari fisika baik dalam teori abstrak maupun kehidupan real.

 

selebihnya ada ama niat dan kemauan dari diri lo sendiri..🙂

 

SUKSES YAA…!!!

 

 

 

created by Al (allan aditya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s